Install OpenSolaris v0609

November 8, 2009

Baru saja saya menjajal menginstal OpenSolaris v0906. Untuk iso-nya, saya download di repo.ugm.ac.id.

Pada awalanya, sy hanya mencoba untuk menjalankannya di VMWare via Windows-XP. Tapi, akhirnya tertantang juga untuk mencoba menginstallnya di hardisk. Sebenarnya sudah banyak panduan instalasi OpenSolaris yang ada di internet. Baik yang berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia. Contoh untuk tutorial yang berbahasa Indonesia, dapat menuju ke link OpenSolaris Untuk Newbie-ilmukomputer.

Untuk keperluan tersebut, saya mengalokasikan space hardisk sebesar 50GB. Sebenarnya dari OpenSolaris sendiri sudah memberikan batasan, minimal instalasi 3GB, dan direkomendasikan 9GB. Namun, berhubung saya ingin belajar lebih banyak OpenSolaris, maka saya memutuskan untuk menggunakan space sebesar 50GB tersebut.

Sebelumnya, di laptop saya sudah terinstall Windows XP. Dan terdapat drive D:\ untuk data. Pada saat instalasi Opensolaris, ternyata drive D:\ dari Windows tersebut sama sekali TIDAK DIKENALI oleh OpenSolaris. Hanya drive C:\ saja yang dikenali. Ya sudah, karena semua data sudah saya backup, tinggal pilih saja space yang saya inginkan(50GB), sisanya saya biarkan Unpartitioned. Terakhir, sisa unpartitioned tersebut, saya format ulang dari Windows-XP.

Akhirnya, proses instalasi berjalan lancar. Bagusnya lagi, OpenSolaris v0906 ini sudah detek wireless driver. Sehingga tidak perlu repot-repot untuk mencari driver jika ingin konek ke wireless Hot-Spot.

Leave a Reply

