Cara Alami Menurunkan Kolesterol

July 4, 2012

Tadi pagi saya cek darah. Cek komplit. Mulai dari tekanan darah, kadar gula, asam urat, dan kolesterol. Saya cek / tes darah di apotek dekat dengan rumah saya. Praktis dan relatif murah :) Tapi hasilnya…bikin saya kaget :o

Hasil tes/cek darah yang lain bagus, alias normal. Cuma untuk kolesterol….cukup tinggi, di tingkat 264!! :( Padahal batas normal kolesterol untuk kategori sehat adalah 200. Ini adalah perhitungan kolesterol total (LDL+HDL).

Waduh…bisa bahaya ni. Trus saya buka-buka internet. Cari-cari info tentang resiko kalau kolesterol tinggi. Dan hasilnya adalah cukup mengerikan. Untuk kadar kolesterol diatas 240 bisa berpotensi terkena stroke atau serangan jantung….hufff.

Lalu saya telisik, apa yang bikin kolesterol saya meningkat drastis. Padahal sekitar enam bulan kemarin, kadar kolesterol saya “hanya” 209, sedikit di atas normal sih :mrgreen: Tapi sekarang naik drastis, jadi 264 :(

Untuk badan, saya tidak gendut-gendut amat. Jadi salah klo ada stigma badan kurus itu kolesterol pasti rendah! Belum tentu. Harus benar-benar dicek darahnya, biar tidak seperti saya :mrgreen: Untung ketahuan tadi dicek, kalau tidak kan saya gak tau, soalnya keluhan-keluhan juga tidak(belum) muncul.

Dari faktor berat badan kurang mendominasi. Kemudian apa? Ternyata penyebab utamanya adalah: POLA MAKAN dan OLAHRAGA!! :mrgreen: Saya setuju. Saya suka sekali makan gorengan, ayam, telur, cumi, dll. Padahal ini makanan bisa bikin kolesterol naik-naik ke puncak gunung :( Habis itu saya amat sangat jarang sekali berolah raga…hahaha :mrgreen: Makanya, untuk menurunkan kembali kadar kolesterol dalam darah, yang bisa dilakukan ada 2, yakni:

  1. Diet makan rendah kolesterol

  2. Olahraga

Sudah itu saja. Dengan begitu saya pikir bisa menurunkan kolesterol dalam darah saya secara perlahan-lahan :mrgreen: Karena kalau tidak diturunkan, bisa bahaya. Plak lemak kolesterol bisa nempel di pembuluh-pembuluh darah arteri, arteri jadi tidak elastis, akhirnya menyebabkan darah tinggi, dan bisa berakhir stroke atau serangan jantung :( :(

Demikian pembaca, semoga Anda juga tetap konsen dengan kesehatan Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Saya setuju dengan kalimat barusan :p

***
Daftar makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi:

  1. Jeroan
  2. Kuning telur ayam
  3. Cumi-cumi
  4. Kepiting
  5. Udang
  6. Kerang
  7. Santan kelapa
  8. Daging kambing
  9. Keju
  10. Kulit ayam
  11. Susu
  12. Telur puyuh
  13. Durian

Daftar makanan yang baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi:

  1. Gandum
  2. Buncis
  3. Minyak Zaitun
  4. Wortel
  5. Kedelai

14 Responses to “Cara Alami Menurunkan Kolesterol”

  1. The Petarung Says:

    update: cara menurunkan kadar kolesterol yg mudah, murah, dan enak adalah dengan makan wortel dan alpukat rutin selama 1 bulan. Setelah itu cek darah, moga2 bisa turun 100 kadar kolesterolnya setelah diet :)

  2. zakimath Says:

    Wah, ane belom pernah tes kolesterol gan… Tapi, ternyata makanan yang harus dihindari banyak yang jadi favorit ane, hehe…

  3. zakimath Says:

    Oh ya, gejala-gejala yg dirasakan om Rudi seperti apa?

    • The Petarung Says:

      gejala secara umum sih gak ada pakdhe. Mungkin beberapa kali pernah kesemutan, that’s it. Makanya setelah tes kaget, gak ada gejala yg tampak, kok tiba2 nilai kolesterolnya udah sedemikian tinggi. Yang jelas, efek di belakangnya yg berbahaya pakdhe. Klo misal sudah tua usianya, kadar kolesterol tinggi, bisa memicu darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung :(

  4. zakimath Says:

    wah, kalo kesemutan ane beberapa kali juga mengalami nih boz, berarti harus segera cek nih… :(

  5. zakimath Says:

    Betul boz… :D


  6. Wah, biayanya berapa ya gan, utk test2 gitu, total jenderal deh.
    Sy prnah baca, telur puyuh justru penuh dg kolesterol baik gan, gimana itu?

  7. The Petarung Says:

    Update tes kolesterol lagi, per 16 Agustus 2012
    Udah turun 40an, tadinya awal juli 264
    skrg udah jadi 223…. :)
    tp tetep kudu diturunkan lagi sampai batas normal
    tadi udah beli minyak ikan salmon
    +diet wortelnya kudu dimulai lagi…
    \ :mrgreen: /


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

